Skip to main content
beritakegiatanBerita KegiatanRehabilitasi

Monitoring dan Evaluasi Fasilitas Rehabilitasi di Puskesmas Ywan Arso 4 Kabupaten Keerom

Dibaca: 2 Oleh 08 Nov 2022Tidak ada komentar
Monitoring dan Evaluasi Fasilitas Rehabilitasi di
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Rabu, 2 November 2022

Telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Fasilitas Rehabilitasi di Puskesmas Ywan yang berlokasi di Arso 4, Kab. Keerom. Pelaksana kegiatan ini yaitu Psikolog Klinis Bidang Rehabilitasi, Rika Vebrianti Rahmat, M.Psi., Psikolog dan staf Bidang Rehabilitasi, Kristalin Bata, A.Md., Kes. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi tersebut diterima baik oleh Nobertus B. Fernandes, Kepala Tata Usaha Puskesmas Ywan.

Puskesmas Ywan merupakan salah satu puskesmas yang juga melayani pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan untuk masyarakat Arso 4 dan sekitarnya. Staf Puskesmas Ywan yang mengikuti pelatihan petugas rehabilitasi yang diselenggarakan oleh Bidang Rehabilitasi BNNP Papua tahun 2022 yaitu Kristovol Yongky dan juga menjadi petugas pelaksana rehabilitasi rawat jalan di Puskesmas Ywan. Namun Kristovol Yongky yang sedianya ditemui pada pelaksanaan kegiatan monitoring ini berhalangan hadir karena ada kegiatan yang bersamaan.

Pada pelaksanaan monitoring tersebut, Nobertus B. Fernandes menyampaikan bahwa Puskesmas Ywan belum melayani klien rawat jalan, karena belum ada masyarakat yang datang untuk mengakses layanan tersebut. Namun untuk pelaksanaan kegiatan seperti sosialisasi kepada masyarakat sudah cukup aktif untuk dilakukan, misalnya pada kegiatan posyandu remaja dan kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah.

Kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Ywan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk lapor diri dan memeriksakan dirinya dan juga melaporkan anggota keluarganya ketika memiliki keluarga yang menjadi korban penyalahguna narkotika. Lokasi puskesmas Ywan yang cukup terpencil juga menjadi salah satu kendala, sehingga kemungkinan jika ada masyarakat yang butuh layanan rehabilitasi lebih memilih untuk datang ke puskesmas lainnya.

Harapan dari Puskemas Ywan yang disampaikan pada kesempatan ini adalah, semoga untuk tahun berikutnya jika ada pelatihan untuk petugas rehabilitasi, diharapkan tidak hanya 1 orang yang diundang. Jika memungkinkan bisa diundang 2 sampai 3 orang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Nobertus B. Fernandes juga menyampaikan sekiranya BNNP Papua bisa memfasilitasi Puskesmas Ywan untuk membuatkan leaflet yang bisa dibagikan kepada masyarakat atau pelajar untuk mendukung media promosi pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan di Puskesmas Ywan

#generasiemaspapua
#generasiemaspapuabebasnarkoba
#rehabilitasigratis
#warondrugs
#IndonesiaBersinar
#KO_ANDALAN
#cegahnarkoba
#hidupsehattanpanarkoba
#papuabersinar
#BNNPPAPUA
#SpeedUpneverLetup

Kirim Tanggapan