Skip to main content
beritakegiatanBerita KegiatanRehabilitasi

Monitoring dan Evaluasi Lembaga Rehabilitasi di Puskesmas Wania Kabupaten Mimika

Dibaca: 2 Oleh 21 Nov 2022Tidak ada komentar
Monitoring dan Evaluasi Lembaga Rehabilitasi
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Kamis, 17 November 2022

Telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Lembaga Rehabilitasi di Puskesmas Wania yang berlokasi di Kabupaten Mimika. Pelaksana kegiatan ini yaitu Psikolog Klinis Rika V. Rahmat, M.Psi.,Psikolog dan staf Bidang Rehabilitasi, Kristalin Bata, A.Md.Kes. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Lembaga Rehabilitasi diterima baik oleh Kepala Puskesmas drg. Marliana Tarukponno dan Perawat Desty Palembangan Amd.Kep selaku penanggungjawab layanan di Puskesmas Wania.

Puskesmas Wania merupakan salah satu puskesmas yang juga melayani pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan untuk masyarakat wilayah kerja SP 1 dan sekitarnya. Staf Puskesmas yang mengikuti pelatihan petugas rehabilitasi yang diselenggarakan oleh Bidang Rehabilitasi BNNP Papua tahun 2020 yaitu perawat Erni Fitmawati, S.Kep.,Ns dan juga menjadi perawat sekaligus petugas pelaksana rehabilitasi rawat jalan di Puskesmas Wania.

Pada pelaksanaan monitoring tersebut, perawat Erni Fitmawati, S.Kep.,Ns telah pindah tugas ke Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika sehingga diwakilkan oleh Kepala Puskesmas drg. Marliana Tarukponno menyampaikan bahwa Puskesmas Wania telah mendapat 1 org klien pecandu/ korban penyalahgunaan narkotika tetapi dirujuk ke BNN Kabupaten Mimika dikarenakan tidak ada petugas yang dapat menangani penyalahguna narkotika.

Adapun hambatan yang dihadapi Puskesmas Wania yaitu petugas yang sudah dilatih telah pindah ke Instansi lain, belum adanya ruangan khusus untuk penanganan pecandu/ korban penyalahgunaan narkoba, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk lapor diri dan memeriksakan dirinya atau melaporkan anggota keluarganya ketika memiliki keluarga yang menjadi korban penyalahguna narkotika.

Dari segi saran, Kepala Puskesmas drg. Marliana Tarukponno mengharapkan BNNP Papua mengadakan pelatihan bagi petugas Puskesmas Wania dan adanya komunikasi yang intens antara BNNP Papua dan Puskesmas Wania.

 

#generasiemaspapua
#generasiemaspapuabebasnarkoba
#warondrugs
#IndonesiaBersinar
#KO_ANDALAN
#cegahnarkoba
#hidupsehattanpanarkoba
#papuabersinar
#bnnppapua
#SpeedUpneverLetup

Kirim Tanggapan